Manajemen Pemasaran
A.
Manajemen
Pemasaran atau sering disebut dengan Manajemen Permintaan
Manajemen
pemasaran adalah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi,oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen permintaan.
B.
Perbedaan Kebutuhan dengan Keinginan
·
Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan
oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara
kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak
sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu
hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau
setidaknya kurang sejahtera.
·
Keinginan adalah sesuatu tambahan atas
kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih
puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya
tidak berkurang.
C.
Perbedaan
Pasar dan Pemasaram
·
Pasar adalah tempat pertemuan antara
penjual dan pembeli, atau lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah,area yang
mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk
harga.
·
Pemasaran adalah proses perpindahan
barang dan/atau jasa dari produsen kekonsumen atau semua kegiatan yang
berhubungan dengan arus barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen.
D.
Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran
atau marketing mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran
yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai
tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. Dalam bukunya, Sofjan Assauri
mendefinisikan bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana yang dapat dikendalikan
oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Jadi,
bauran pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan
digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar
sasarannya.
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar